Offcanvas

Kapan kami dapat menghubungi Anda?

Edit Template

A. Memahami Sistem Kontrol dan Monitoring

Monitoring jaringan adalah salah satu fungsi dari management yang berguna untuk menganalisa apakah jaringan masih cukup layak untuk digunakan atau perlu tambahan kapasitas.

Hasil monitoring juga dapat membantu jika admin ingin mendesain ulang jaringan yang telah ada. Banyak hal dalam jaringan yang bisa dimonitoring, salah satu diantaranya load traffic jaringan yang lewat pada sebuah router atau interface komputer. Monitoring dapat dilakukan dengan standar SNMP, selain load traffic jaringan, kondisi jaringan pun harus dimonitoring, misalnya status up atau down dari sebuah peralatan jaringan. Hal ini dapat dilakukan dengan utilitas ping.

Sebuah sistem monitoring melakukan proses pengumpulan data mengenai dirinya sendiri dan melakukan analisis terhadap data-data tersebut dengan tujuan untuk memaksimalkan seluruh sumber daya yang dimiliki. Data yang dikumpulkan pada umumnya merupakan data yang real-time, baik data yang diperoleh dari sistem yang hard real-time maupun sistem yang soft real-time.

Sistem yang real-time merupakan sebuah sistem dimana waktu yang diperlukan oleh sebuah komputer didalam memberikan stimulus ke lingkungan eksternal adalah suatu hal yang vital. Waktu didalam pengertian tersebut berarti bahwa sistem yang real-time menjalankan suatu pekerjaan yang memiliki batas waktu (deadline).

Di dalam batas waktu tersebut suatu pekerjaan mungkin dapat terselesaikan dengan benar atau dapat juga belum terselesaikan. Sistem yang real-time mengharuskan bahwa suatu pekerjaan harus terselesaikan dengan benar. Sesuatu yang buruk akan terjadi apabila komputer tidak mampu menghasilkan output tepat waktu. Hal ini seperti yang terjadi pada embedded system untuk kontrol suatu benda, seperti pesawat terbang, dan lain-lain.

Sistm yang soft real-time tidak mengharuskan bahwa suatu pekerjaan harus terselesaikan dengan benar. Seperti sistem multimedia dimana tidak akan memberikan pengaruh yang begitu besar terhadap output yang dihasilkan apabila untuk beberapa batasan waktu yang ditetapkan terjadi kehilangan data.

Secara garis besar tahapan dalam sebuah sistem monitoring terbagi ke dalam tiga proses besar, yaitu:

  1. Proses pengumpulan data monitoring
  2. Proses analisis data monitoring
  3. Proses menampilkan data hasil monitoring.

Keseluruhan proses dapat dilihat pada gambar. Sumber data dapat berupa network traffic, informasi mengenai hardware, dan lain sebagainya. Proses dalam analisis data dapat berupa pemilihan data dari sejumlah data yang telah terkumpul atau bisa juga berupa manipulasi data sehingga diperoleh informasi yang diharapkan. Sedangkan tahap menampilkan data hasil monitoring menjadi informasi yang berguna di dalam pengambilan keputusan atau kebijakan terhadap sisetm yang sedang berjalan dapat berupa sebuah tabel, gambar, kurva, atau animasi.

Aksi yang terjadi diantara proses-proses yang ada di dalam sebuah sistem monitoring adalah berbentuk service, yaitu suatu proses yang terus-menerus berjalan pada interval waktu tertentu. Proses yang dijalankan dapat berupa pengumpulan data dari objek yang di-monitor atau melakukan analisis data yang telah diperoleh dan menampilkannya. Proses yang terjadi tersebut bisa saja memiliki interval waktu yang berbeda. Contoh interval waktu didalam pengumpulan data dapat terjadi tiap lima menit sekali. Namun pada proses analisis data terjadi tiap satu jam sekali untuk menghasilkan informasi yang diharapkan membutuhkan lebih dari satu sampel data, misal untuk nilai rataan data (average) dengan sebanyak 60 sampel data.

 

 

 

 

 

 

Sumber :

  • https://www.academia.edu/10835260/Monitoring_Sistem_Jaringan_Komputer_1_Pendahuluan_Mengenai_Sistem_Monitoring

Tinggalkan Pesan Anda disini

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Populer

"Segalanya menjadi begitu mudah"

Pembelajaran berbasis proyek yang memudahkan pemahaman, pengetahuan dan keterampilan bagi peserta didik

Postingan Terbaru

  • All Post
  • Artikel
  • Home-site
  • Konsentrasi Keahlian TJKT
  • Praktik Kerja Lapangan
    •   Back
    • 05-Administrasi Sistem Jaringan
    • 03-Keamanan Jaringan
    • 01-Perencanaan dan Pengalamatan Jaringan
    • 02-Teknologi Jaringan Kabel dan Nirkabel
    • 04-Pemasangan dan Konfigurasi Perangkat Jaringan
    • SOJaringan
    • Remote Server
    • DHCP server
    • DNS Server
    • FTP Server
    • File Server
    • WEB Server
    • MAIL Server
    • Database Server
    • Control Panel Hosting
    • Share Hosting Server
    • Virtual Private Server
    • Dedicated Hosting Server
    • VPN Server
    • Sistem Kontrol dan Monitoring
    • Sistem Keamanan Jaringan
    • Kebijakan Penggunaan Jaringan
    • Ancaman dan Serangan Terhadap Keamanan Jaringan
    • Sistem Keamanan Jaringan yang Dibutuhkan
    • Firewall pada Host dan Server
    • Kebutuhan Persyaratan Alat-alat untuk Membangun Server Firewall
    • Konsep dan Implementasi Firewall di Host dan Server
    • Fungsi dan Cara Kerja Server Autentifikasi
    • Kebutuhan Persyaratan Alat-alat untuk Membangun Server Autentifikasi
    • Cara Kerja Sistem Pendeteksi dan Penahan Ancaman/Serangan yang Masuk ke Jaringan
    • Fungsi dan Tata Cara Pengamanan Server-Server Layanan pada Jaringan
    • Tata Cara Pengamanan Komunikasi Data Menggunakan Teknik Kriptografi
    • Merencanakan Topologi Dan Arsitektur Jaringan Sesuai Kebutuhan
    • Mengumpulkan Kebutuhan Teknis Pengguna Yang Menggunakan Jaringan
    • Mengumpulkan Data Peralatan Jaringan Dengan Teknologi Yang Sesuai
    • Melakukan Pengalamatan Jaringan
    • Memahami CIDR dan VLSM
    • Menghitung Subnetting
    • Menginstalasi Jaringan Kabel Dan Nirkabel
    • Melakukan Perawatan Dan Perbaikan Jaringan Kabel Dan Nirkabel
    • Memahami Standar Jaringan Nirkabel
    • Memilih Teknologi Jaringan Nirkabel Indoor Dan Outdoor Sesuai Kebutuhan
    • Melakukan Instalasi Perangkat Jaringan Nirkabel
    • Menguji Instalasi Perangkat Jaringan Nirkabel
    • Menjelaskan Konsep Layanan Voice Over IP (Voip)
    • Mengkonfigurasi Layanan Voice Over IP (Voip)
    • Memahami Jaringan Fiber Optic
    • Memahami Jenis-Jenis Kabel Fiber Optic
    • Memilih Kabel Fiber Optic
    • Menerapkan Fungsi Alat Kerja Fiber Optic
    • Menggunakan Alat Kerja Fiber Optic
    • Melakukan Sambungan Fiber Optic
    • Melakukan Perbaikan Jaringan Fiber Optic
    • Memasang Perangkat Jaringan Ke Dalam Sistem Jaringan
    • Mengganti Perangkat Jaringan Sesuai Dengan Kebutuhan
    • Menjelaskan Konsep VLAN
    • Mengkonfigurasi Dan Menguji VLAN
    • Memahami Proses Routing Dan Jenis-Jenis Routing
    • Mengkonfigurasi, Menganalisis Permasalahan Dan Memperbaiki Konfigurasi Routing Statis Dan Routing Dinamis
    • Mengkonfigurasi NAT
    • Menganalisis Permasalahan Internet Gateway Dan Memperbaiki Konfigurasi NAT
    • Mengkonfigurasi, Menganalisis Permasalahan Dan Memperbaiki Konfigurasi Proxy Server
    • Manajemen Bandwidth Dan Load Balancing
    •   Back
    • Kebijakan Penggunaan Jaringan
    • Ancaman dan Serangan Terhadap Keamanan Jaringan
    • Sistem Keamanan Jaringan yang Dibutuhkan
    • Firewall pada Host dan Server
    • Kebutuhan Persyaratan Alat-alat untuk Membangun Server Firewall
    • Konsep dan Implementasi Firewall di Host dan Server
    • Fungsi dan Cara Kerja Server Autentifikasi
    • Kebutuhan Persyaratan Alat-alat untuk Membangun Server Autentifikasi
    • Cara Kerja Sistem Pendeteksi dan Penahan Ancaman/Serangan yang Masuk ke Jaringan
    • Fungsi dan Tata Cara Pengamanan Server-Server Layanan pada Jaringan
    • Tata Cara Pengamanan Komunikasi Data Menggunakan Teknik Kriptografi
    •   Back
    • ASJ Image Link
    • Keamanan Jaringan Image Link
    •   Back
    • SOJaringan
    • Remote Server
    • DHCP server
    • DNS Server
    • FTP Server
    • File Server
    • WEB Server
    • MAIL Server
    • Database Server
    • Control Panel Hosting
    • Share Hosting Server
    • Virtual Private Server
    • Dedicated Hosting Server
    • VPN Server
    • Sistem Kontrol dan Monitoring
    • Sistem Keamanan Jaringan
    •   Back
    • Etika berkomunikasi
    • Integritas
    • Etos Kerja
    • Bekerja
    • Sosial dan Lingkungan
    • Norma, K3LH, dan POS
    •   Back
    • Penyiapan Kemandirian Berwirausaha
    • Peningkatan dan pengembangan hard skills
    • Penerapan hard skills
    • Internalisasi dan penerapan soft skills
    • Etika berkomunikasi
    • Integritas
    • Etos Kerja
    • Bekerja
    • Sosial dan Lingkungan
    • Norma, K3LH, dan POS
    •   Back
    • Mapel PKL
    • Adm Pembelajaran PKL
    • Penyiapan Kemandirian Berwirausaha
    • Peningkatan dan pengembangan hard skills
    • Penerapan hard skills
    • Internalisasi dan penerapan soft skills
    • Etika berkomunikasi
    • Integritas
    • Etos Kerja
    • Bekerja
    • Sosial dan Lingkungan
    • Norma, K3LH, dan POS

Join the Journey

Mari bergabung dalam  perjalanan menuju pikiran-pikiran yang terhubung dan dunia yang terbuka lebar oleh teknologi. Bersiaplah untuk melangkah ke dunia yang penuh misteri dan keajaiban yang ada di ujung jari kita.

You have been successfully Subscribed! Ops! Something went wrong, please try again.

Memupuk pengetahuan, membangun mimpi, mewujudkan cita-cita yang luhur dan mulia

Kantor

Informasi

Proyek

Jaringan

Adm. Pembelajaran

Instrumen Penilaian

© 2023 haryadi@smkn1klaten.sch.id