Offcanvas

Kapan kami dapat menghubungi Anda?

Edit Template

A. Pengertian Remote Access

Remote Access adalah salah satu teknologi yang digunakan untuk mengakses suatu sistem melalui media jaringan.Sehingga kita dapat mengkonfigurasi suatu sistem, dimanapun kita berada asalkan terkoneksi ke Internet atau Jaringan tersebut.
Secara umum, Remote Access dibagi menjadi dua jenis :

  1. Mode Desktop / GUI (Graphical User Interface), misalnya Remote Desktop, VNC, dan Radmin.
  2. Mode Teks, misalnya telnet, ssh, raw, Rlogin dan serial.

Seorang Administrator Server tidak selalu dapat berinteraksi secara fisik di depan komputer server, mengingat ia mengelola beberapa komputer server yang lokasinya bisa saja berjauhan. Misalnya ketika sedang mengelola server kantor pusat, tiba-tiba terjadi penyusupan akses di server kantor cabang, atau terdapat layanan server kantor cabang yang mati, maka ia harus cepat mengatasinya dengan memanfaatkan remote access untuk memperbaiki layanan server kantor cabang.Dalam hal ini komputer yang akan mengakses harus terkoneksi dengan server terlebih dahulu, entah melalui jaringan lokal maupun jaringan Internet.

Komputer Server yang ada umumnya menggunakan tampilan tanpa grafis untuk penghematan RAM dan lebih mengutamakan penggunaan remote access jenis teks, sehingga pilihan yang ada untuk remote access jenis teks yaitu telnet, ssh, raw, rlogin dan serial. Namun, karena fitur, keamanan, dan kehandalannya, maka SSH lebih banyak dipilih oleh kebanyakan Administrator Server.

Menurut Utomo, dkk (2010) Remote access didefinisikan sebagai remote access merupakan sistem yang bisa digunakan dalam pengendalian suatu manajemen jaringan, dimana administrator dapat dengan mudah mengontrol dan mengawasi komputer client, berinteraksi dengan user, backup data, atau aktifitas lainnya

Sedangkan menurut Dhawan (1998) dalam Eliminate Guess Work (2010), Remote Access adalah kemampuan untuk terhubung dengan resource pada suatu network sentral dari suatu lokasi. Ini berarti menggunakan sebuah PC dan modem di satu tempat, lewat kabel telepon, terhubung kesuatu PC atau server pada network utama suatu perusahaan.

  • Gambar diatas mengilustrasikan remote akses dimana user pada client melakukan remote akses sehingga seolah-olah user telah berada di depan server.
  • Setelah user masuk ke server, user dapat menggunakan Server tersebut seperti dia sedang menggunakan langsung di depan Server tersebut

 

 

Daftar Pustaka

Tinggalkan Pesan Anda disini

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Populer

"Segalanya menjadi begitu mudah"

Pembelajaran berbasis proyek yang memudahkan pemahaman, pengetahuan dan keterampilan bagi peserta didik

Postingan Terbaru

  • All Post
  • Artikel
  • Home-site
  • Konsentrasi Keahlian TJKT
  • Praktik Kerja Lapangan
    •   Back
    • 05-Administrasi Sistem Jaringan
    • 03-Keamanan Jaringan
    • 01-Perencanaan dan Pengalamatan Jaringan
    • 02-Teknologi Jaringan Kabel dan Nirkabel
    • 04-Pemasangan dan Konfigurasi Perangkat Jaringan
    • SOJaringan
    • Remote Server
    • DHCP server
    • DNS Server
    • FTP Server
    • File Server
    • WEB Server
    • MAIL Server
    • Database Server
    • Control Panel Hosting
    • Share Hosting Server
    • Virtual Private Server
    • Dedicated Hosting Server
    • VPN Server
    • Sistem Kontrol dan Monitoring
    • Sistem Keamanan Jaringan
    • Kebijakan Penggunaan Jaringan
    • Ancaman dan Serangan Terhadap Keamanan Jaringan
    • Sistem Keamanan Jaringan yang Dibutuhkan
    • Firewall pada Host dan Server
    • Kebutuhan Persyaratan Alat-alat untuk Membangun Server Firewall
    • Konsep dan Implementasi Firewall di Host dan Server
    • Fungsi dan Cara Kerja Server Autentifikasi
    • Kebutuhan Persyaratan Alat-alat untuk Membangun Server Autentifikasi
    • Cara Kerja Sistem Pendeteksi dan Penahan Ancaman/Serangan yang Masuk ke Jaringan
    • Fungsi dan Tata Cara Pengamanan Server-Server Layanan pada Jaringan
    • Tata Cara Pengamanan Komunikasi Data Menggunakan Teknik Kriptografi
    • Merencanakan Topologi Dan Arsitektur Jaringan Sesuai Kebutuhan
    • Mengumpulkan Kebutuhan Teknis Pengguna Yang Menggunakan Jaringan
    • Mengumpulkan Data Peralatan Jaringan Dengan Teknologi Yang Sesuai
    • Melakukan Pengalamatan Jaringan
    • Memahami CIDR dan VLSM
    • Menghitung Subnetting
    • Menginstalasi Jaringan Kabel Dan Nirkabel
    • Melakukan Perawatan Dan Perbaikan Jaringan Kabel Dan Nirkabel
    • Memahami Standar Jaringan Nirkabel
    • Memilih Teknologi Jaringan Nirkabel Indoor Dan Outdoor Sesuai Kebutuhan
    • Melakukan Instalasi Perangkat Jaringan Nirkabel
    • Menguji Instalasi Perangkat Jaringan Nirkabel
    • Menjelaskan Konsep Layanan Voice Over IP (Voip)
    • Mengkonfigurasi Layanan Voice Over IP (Voip)
    • Memahami Jaringan Fiber Optic
    • Memahami Jenis-Jenis Kabel Fiber Optic
    • Memilih Kabel Fiber Optic
    • Menerapkan Fungsi Alat Kerja Fiber Optic
    • Menggunakan Alat Kerja Fiber Optic
    • Melakukan Sambungan Fiber Optic
    • Melakukan Perbaikan Jaringan Fiber Optic
    • Memasang Perangkat Jaringan Ke Dalam Sistem Jaringan
    • Mengganti Perangkat Jaringan Sesuai Dengan Kebutuhan
    • Menjelaskan Konsep VLAN
    • Mengkonfigurasi Dan Menguji VLAN
    • Memahami Proses Routing Dan Jenis-Jenis Routing
    • Mengkonfigurasi, Menganalisis Permasalahan Dan Memperbaiki Konfigurasi Routing Statis Dan Routing Dinamis
    • Mengkonfigurasi NAT
    • Menganalisis Permasalahan Internet Gateway Dan Memperbaiki Konfigurasi NAT
    • Mengkonfigurasi, Menganalisis Permasalahan Dan Memperbaiki Konfigurasi Proxy Server
    • Manajemen Bandwidth Dan Load Balancing
    •   Back
    • Kebijakan Penggunaan Jaringan
    • Ancaman dan Serangan Terhadap Keamanan Jaringan
    • Sistem Keamanan Jaringan yang Dibutuhkan
    • Firewall pada Host dan Server
    • Kebutuhan Persyaratan Alat-alat untuk Membangun Server Firewall
    • Konsep dan Implementasi Firewall di Host dan Server
    • Fungsi dan Cara Kerja Server Autentifikasi
    • Kebutuhan Persyaratan Alat-alat untuk Membangun Server Autentifikasi
    • Cara Kerja Sistem Pendeteksi dan Penahan Ancaman/Serangan yang Masuk ke Jaringan
    • Fungsi dan Tata Cara Pengamanan Server-Server Layanan pada Jaringan
    • Tata Cara Pengamanan Komunikasi Data Menggunakan Teknik Kriptografi
    •   Back
    • ASJ Image Link
    • Keamanan Jaringan Image Link
    •   Back
    • SOJaringan
    • Remote Server
    • DHCP server
    • DNS Server
    • FTP Server
    • File Server
    • WEB Server
    • MAIL Server
    • Database Server
    • Control Panel Hosting
    • Share Hosting Server
    • Virtual Private Server
    • Dedicated Hosting Server
    • VPN Server
    • Sistem Kontrol dan Monitoring
    • Sistem Keamanan Jaringan
    •   Back
    • Etika berkomunikasi
    • Integritas
    • Etos Kerja
    • Bekerja
    • Sosial dan Lingkungan
    • Norma, K3LH, dan POS
    •   Back
    • Penyiapan Kemandirian Berwirausaha
    • Peningkatan dan pengembangan hard skills
    • Penerapan hard skills
    • Internalisasi dan penerapan soft skills
    • Etika berkomunikasi
    • Integritas
    • Etos Kerja
    • Bekerja
    • Sosial dan Lingkungan
    • Norma, K3LH, dan POS
    •   Back
    • Mapel PKL
    • Adm Pembelajaran PKL
    • Penyiapan Kemandirian Berwirausaha
    • Peningkatan dan pengembangan hard skills
    • Penerapan hard skills
    • Internalisasi dan penerapan soft skills
    • Etika berkomunikasi
    • Integritas
    • Etos Kerja
    • Bekerja
    • Sosial dan Lingkungan
    • Norma, K3LH, dan POS

Join the Journey

Mari bergabung dalam  perjalanan menuju pikiran-pikiran yang terhubung dan dunia yang terbuka lebar oleh teknologi. Bersiaplah untuk melangkah ke dunia yang penuh misteri dan keajaiban yang ada di ujung jari kita.

You have been successfully Subscribed! Ops! Something went wrong, please try again.

Memupuk pengetahuan, membangun mimpi, mewujudkan cita-cita yang luhur dan mulia

Kantor

Informasi

Proyek

Jaringan

Adm. Pembelajaran

Instrumen Penilaian

© 2023 haryadi@smkn1klaten.sch.id